Pentingnya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat
Posted in Uncategorized

Pentingnya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat

Lingkungan kerja yang aman dan sehat tentu dapat membantu pekerja dalam meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam melaksanakan bekerja. Namun sebaliknya, jika lingkungan kerja tidak terorganisasi dengan baik serta banyak faktor yang berbahaya maka pekerja akan menimbulkan efek buruk bagi pekerja. Diantaranya resiko bahaya, resiko terkena penyakit, penurunan efisiensi kerja dan kerugian bagi perusahaan. Pada dasarnya, setiap perusahaan wajib untuk mengupayakan perlindungan kesehatan, keselamatan serta kondisi kerja. Akan tetapi berbanding terbalik dengan kenyataannya, masih banyak perusahaan yang mengabaikannya karna perihal masalah finansial yang tergolong cukup besar.

Sejalan dengan informasi yang diperoleh dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), pada setiap tahunnya ada lebih dari 250 juta kecelakaan di tempat kerja dan tidak kurang dari 160 juta pekerja menjadi sakit karena bahaya yang ditimbulkan di lokasi kerja. Ditambah lagi ada 1,2 juta pekerja meninggal akibat kecelakaan dan sakit di tempat kerja. Jumlah tersebut tentu dapat menyadarkan kita tentang betapa pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, dapat diperkirakan apabila kerugian tahunan akibat kecelakaan kerja dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja yang ada di beberapa negara dapat mencapai angka 4 persen dari produk nasional bruto (PNB). Berikut rincian biaya langsung dan tidak langsung yang dapat ditimbulkan :

 

  • Biaya medis
  • Kehilangan hari kerja
  • Mengurangi produksi
  • Hilangnya kompensasi bagi pekerja
  • Biaya waktu / uang dari pelatihan dan pelatihan ulang pekerja
  • kerusakan dan perbaikan peralatan
  • Rendahnya moral staf
  • Publisitas buruk
  • Kehilangan kontrak karena kelalaian

Dimana pun lokasi kerjanya, keselamatan dan kesehatan kerja adalah hak mutlak yang wajib didapatkan oleh seorang pekerja. Selain menjaga lingkungan kerja yang aman dan sehat, perusahaan juga perlu mengadakan sosialisasi kepada para pekerjanya agar memiliki pengetahuan dasar seputar keselamatan kerja agar terhindar dari resiko bahaya yang ada. Dan juga disertai dengan kesadaran pribadi dari para pekerja untuk saling mengingatkan dan menjaga kesehatan serta keamanan lingkungan kerja.

Share this post

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.